Kelas : X AKL 1
Logika dan Algoritma Komputer
LOGIKA
Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (384-322 SM)
Logika merupakan :
- Penalaran atau bentuk pemikiran.
- Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
ALGORITMA
Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab Al Jabr w’al Muqabala(Rules of Restoration and Reduction) sekitar tahun 825 M.
Algoritma merupakan :
- Langkah – langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
- Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi.
- Suatu m etode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.(Webster Dictionary)
TAHAP PENYELESAIAN MASALAH
KRITERIA PEMILIHAN ALGORITMA
- Terdapat Output
- Efektifitas dan Efesiensi
- Jumlah Langkahnya Berhingga
- Berakhir
- Terstruktur
Suatu Algoritma yang baik merupakan :
“Suatu algoritma harus menghasilkan output yang tepat guna (efektif) dalam waktu yang relatif singkat & penggunaan memori yg relatif sedikit (efesien) dengan langkah yang berhingga & prosedurnya berakhir baik dalam keadaan diperoleh suatu solusi ataupun tdk ada solusinya.”
Contoh :
Sebuah prosedur ketika akan mengirim kan surat kepada teman:
Sebuah prosedur ketika akan mengirim kan surat kepada teman:
- Tulis surat pada secarik kertas surat
- Ambil sampul surat atau amplop
- Masukkan surat ke dalam amplop
- Tutup amplop surat dengan perekat
- Tulis alamat surat yg dituju, jika tidak ingat, lebih dahulu ambil buku alamat & cari alamat yang dituju, lalu tulis alamat tersebeut pada amplop surat.
- Tempelkan perangko pada amplop surat
- Bawa surat ke kantor pos untuk diserahkan pada pegawai pos.
TAHAPAN ANALISA ALGORITMA
- Bagaimana merencanakan suatu algoritma.
- Bagaimana menyatakan suatu algoritma
- Bagaimana validitas suatu algoritma.
- Bagaimana Menganalisa suatu Algoritma.
- Bagaimana Menguji Program dari suatu Algoritma.
Cara Menyatakan Suatu Algoritma
a. Dengan bahasa semu (pseudocode).
Contoh :
Untuk menghitung Luas Segi tiga :
Contoh :
Untuk menghitung Luas Segi tiga :
- Masukan Nilai Alas
- Masukan Nilai Tinggi
- Hitung Luas =( Alas * Tinggi ) / 2
- Cetak Luas
b. Dengan diagram alur atau flowchart,
Contoh :
Contoh :
c. Dengan Statement program / penggalan
Program
Contoh (menggunakan C++):
Program
Contoh (menggunakan C++):
cin >> Alas ; //untuk input data cin >> Tinggi; Luas = (Alas * Tinggi)/2; // proses cout << Luas; //untuk output data
Tahapan Proses Uji Algoritma
a. Fase Debugging yaitu fase dari proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan.
b. Fase Profilling yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging).
b. Fase Profilling yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging).
Analisis Suatu Algoritma
(Untuk melihat faktor efesiensi & efektifitas dari algoritma tersebut), Dapat dilakukan terhadap suatu algoritma dengan melihat pada :
a. Waktu Tempuh (Running Time) dr suatu Algortima.
Hal-hal yang dapat mempengaruhi waktu tempuh adalah :
Hal-hal yang dapat mempengaruhi waktu tempuh adalah :
- Banyaknya langkah.
- Besar dan jenis input data.
- Jenis Operasi.
- Komputer dan kompilator
b. Jumlah Memori Yang Digunakan.
Sifat – Sifat Algoritma
Sifat – Sifat Algoritma
- Banyaknya Langkah Instruksi Harus Berhingga,
- Langkah atau Instruksi harus Jelas,
- Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,
- Input dan Output harus mempunyai Batasan,
- Efektifitas,
- Adanya Batasan Ruang Lingkup
Tahapan Proses Uji Algoritma
a. Fase Debugging yaitu fase dari proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan.
b. Fase Profilling yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging).
Analisis Suatu Algoritma
(Untuk melihat faktor efesiensi & efektifitas dari algoritma tersebut), Dapat dilakukan terhadap suatu algoritma dengan melihat pada :
a. Waktu Tempuh (Running Time) dr suatu Algortima.
Hal-hal yg dpt m empengaruhi drpd waktu tempuh adalah :
b. Fase Profilling yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging).
Analisis Suatu Algoritma
(Untuk melihat faktor efesiensi & efektifitas dari algoritma tersebut), Dapat dilakukan terhadap suatu algoritma dengan melihat pada :
a. Waktu Tempuh (Running Time) dr suatu Algortima.
Hal-hal yg dpt m empengaruhi drpd waktu tempuh adalah :
- Banyaknya langkah.
- Besar dan jenis input data.
- Jenis Operasi.
- Komputer dan kompilator
b. Jumlah Memori Yang Digunakan.
Sifat – Sifat Algoritma
Sifat – Sifat Algoritma
- Banyaknya Langkah Instruksi Harus Berhingga,
- Langkah atau Instruksi harus Jelas,
- Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,
- Input dan Output harus mempunyai Batasan,
- Efektifitas,
- Adanya Batasan Ruang Lingkup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar