Selasa, 30 Juli 2019

Logika dan Algoritma Komputer

Nama : Rakha Ghibran Prayoga
Kelas : X AKL 1

Logika dan Algoritma Komputer

LOGIKA

Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (384-322 SM)
Logika merupakan :
  1. Penalaran atau bentuk pemikiran.
  2. Ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.

ALGORITMA

Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab Al Jabr w’al Muqabala(Rules of Restoration and Reduction) sekitar tahun 825 M.
Algoritma merupakan :
  1. Langkah – langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
  2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi.
  3. Suatu m etode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.(Webster Dictionary)

TAHAP PENYELESAIAN MASALAH

tahapan-penyelesaian-masalah

KRITERIA PEMILIHAN ALGORITMA

  1. Terdapat Output
  2. Efektifitas dan Efesiensi
  3. Jumlah Langkahnya Berhingga
  4. Berakhir
  5. Terstruktur
Suatu Algoritma yang baik merupakan :
“Suatu algoritma harus menghasilkan output yang tepat guna (efektif) dalam waktu yang relatif singkat & penggunaan memori yg relatif sedikit (efesien) dengan langkah yang berhingga & prosedurnya berakhir baik dalam keadaan diperoleh suatu solusi ataupun tdk ada solusinya.”
Contoh :
Sebuah prosedur ketika akan mengirim kan surat kepada teman:
  1. Tulis surat pada secarik kertas surat
  2. Ambil sampul surat atau amplop
  3. Masukkan surat ke dalam amplop
  4. Tutup amplop surat dengan perekat
  5. Tulis alamat surat yg dituju, jika tidak ingat, lebih dahulu ambil buku alamat & cari alamat yang dituju, lalu tulis alamat tersebeut pada amplop surat.
  6. Tempelkan perangko pada amplop surat
  7. Bawa surat ke kantor pos untuk diserahkan pada pegawai pos.

TAHAPAN ANALISA ALGORITMA

  1. Bagaimana merencanakan suatu algoritma.
  2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma
  3. Bagaimana validitas suatu algoritma.
  4. Bagaimana Menganalisa suatu Algoritma.
  5. Bagaimana Menguji Program dari suatu Algoritma.

Cara Menyatakan Suatu Algoritma

a. Dengan bahasa semu (pseudocode).
Contoh :
Untuk menghitung Luas Segi tiga :
  1. Masukan Nilai Alas
  2. Masukan Nilai Tinggi
  3. Hitung Luas =( Alas * Tinggi ) / 2
  4. Cetak Luas
b. Dengan diagram alur atau flowchart,
Contoh :
contoh-flowchart
c. Dengan Statement program / penggalan
Program
Contoh (menggunakan C++):
cin >> Alas ; //untuk input data
cin >> Tinggi;
Luas = (Alas * Tinggi)/2; // proses
cout << Luas; //untuk output data

Tahapan Proses Uji Algoritma

a. Fase Debugging yaitu fase dari proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan.
b. Fase Profilling yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging).

Analisis Suatu Algoritma

(Untuk melihat faktor efesiensi & efektifitas dari algoritma tersebut), Dapat dilakukan terhadap suatu algoritma dengan melihat pada :
a. Waktu Tempuh (Running Time) dr suatu Algortima.
Hal-hal yang dapat mempengaruhi waktu tempuh adalah :
  1. Banyaknya langkah.
  2. Besar dan jenis input data.
  3. Jenis Operasi.
  4. Komputer dan kompilator
b. Jumlah Memori Yang Digunakan.
Sifat – Sifat Algoritma
  • Banyaknya Langkah Instruksi Harus Berhingga,
  • Langkah atau Instruksi harus Jelas,
  • Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,
  • Input dan Output harus mempunyai Batasan,
  • Efektifitas,
  • Adanya Batasan Ruang Lingkup

Tahapan Proses Uji Algoritma

a. Fase Debugging yaitu fase dari proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan.
b. Fase Profilling yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging).
Analisis Suatu Algoritma
(Untuk melihat faktor efesiensi & efektifitas dari algoritma tersebut), Dapat dilakukan terhadap suatu algoritma dengan melihat pada :
a. Waktu Tempuh (Running Time) dr suatu Algortima.
Hal-hal yg dpt m empengaruhi drpd waktu tempuh adalah :
  1. Banyaknya langkah.
  2. Besar dan jenis input data.
  3. Jenis Operasi.
  4. Komputer dan kompilator
b. Jumlah Memori Yang Digunakan.
Sifat – Sifat Algoritma

  • Banyaknya Langkah Instruksi Harus Berhingga,
  • Langkah atau Instruksi harus Jelas,
  • Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,
  • Input dan Output harus mempunyai Batasan,
  • Efektifitas,
  • Adanya Batasan Ruang Lingkup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar